Sepenggal Kisah saya dan Skripsi


hola semua…
sudah lama aku ingin menulis cerita ini.. tapi baru kesampaian sekarang.

semoga beberapa uraian kata dibawah ini dapat menjelaskan serta menceritakan tentang kisah ku dengan Skripsi yang telah kulalui.

dan semoga mungkin bisa bermanfaat bagi yang baca.. Silakan Membaca

NB: agak panjang jadi bacanya pelan-pelan saja

The Story begin
[kira-kira tahun 2008 awal-pertengahan 2008]

yup awal mula ide skripsi saya adalah ketika ada mata kuliah yang bernama “Metode Penelitian Administrasi Negara” nah dari mata kuliah itu munculah cikal bakal skripsi ini. karena diakhir kuliah semester itu tugas akhirnya berupa proposal skripsi, dengan harapan nantinya proposal yang dibikin mahasiswa dilanjutkan menjadi proposal skripsi.

pada mata kuliah ini juga kebetulan diadakan praktek penelitian (lebih tepatnya dosen yang memanfaatkan mahasiswa untuk menjadi enumerator atau tukang survei) tentang kualitas trans Jogja yang pada waktu itu lagi masa awal-awal beroperasi.

nah dari sana lah sebagian ide dari skripsi ini muncul, karena ide sebagian lagi awalnya juga muncul dari matakuliah lain yang juga saya ambil pada semester itu. yaitu matakuliah manajemen Lingkungan. dengan mengkombinasikan manajemen lingkungan dan bus kota, maka ide awal skripsi saya adalah tentang “ketertarikan masyarakat kota Yogyakarta terhadap transportasi umum buskota”

Januari 2009

nah setelah awal tadi, skripsi ini vakum satu semester sampai kemudian di awal Januari saya dikejutkan oleh sebuah sms. dan ternyata sms itu adalah dari dosen pembimbing skripsi saya Bu Ambar Widaningrum (yang selanjutnya sering saya pangggil Madam A. Wida) yang isinya teguran keras mengapa saya belum pernah menghadap beliau.. huah.. malunya minta ampun mpe dosen yang nyari-nyari mahasiswanya… nah maka pada hari berikutnya (lupa saya tanggal berapa) saya memberanikan diri bertemu beliau.

seperti yang saya duga, saya dimarahi (namun entah kenapa nadanya bukan memarahi tetapi lebih ke menegur) karena saya satu-satunya mahasiswa bimbingan beliau yang belum ada proses sama sekali. mulai dari pertemuan tersebutlah saya baru mulai lagi dari awal membuat proposal dimulai dari bab pendahuluan.

namun.. berhubung saya masih mengambil kuliah, beberapa mata kuliah tambahan dan mengulang beberapa (maklum saya bukan termasuk orang yang rajin pangkal pandai), jadi yah proposal itu terhenti lagi sampai bab pendahuluan. >.<

Mei 2010

Vakum 1 tahun lebih. nah proposal itu belum juga mengalami kemajuan. maka karena desakan dari berbagai pihak untuk menyelesaikan, maka saya berpikir (huahaha sok-sokan berpikir…) hm.. ok saya ralat, maka saya merenung. mengapa saya malas sekali mengerjakan itu proposal. dan usut diusut dan menganalisa. ternyata saya mendapat masukan dari Ibunda tercinta untuk mengakhiri pekerjaan sampingan saya.

(oh iya tadi belum saya ceritakan kalau sebelumnya, mulai dari tahun 2007 akhir saya bekerja sambilan sebagai operator <sebenernya lebih tepat dikatakan kasir> sebuah Gamenet, dan karena memang saya suka ngegame jadi yah cocok sekali menambah alasan saya malas-malasan)

nah mulai mei 2010 itulah saya mengerjakan lagi proposal saya. namun apalah daya juka malas lebih merajalela proposal itupun terhenti di bulan Juli dengan alasan puasa+ lebaran + kemudian mundur mundur terus ada musibah Erupsi Gunung merapi dan saya menyempatkan diri menjadi Relawan. maka tertunda lagi sampai awal Januari 2011.

Januari 2011

bulan inilah Tonggak awal revolusi pengerjaan skripsi saya (halah)

Awalnya mengapa saya berniat sungguh-sungguh menyelesaikan skripsi ini adalah karena beberapa alasan, namun yang merupakan inspirasi terbesar saya adalah setelah saya membaca sebuah novel dengan judul “5cm” karya Donny Dhirgantoro dan isinya benar-benar membuat saya terharu. apalagi kata-katanya

“lo SD brapa tahun?”

“6 tahun”

“nah kalo lo kuliah lebih dari 6 tahun, maka lo ga lebih pandai dari anak SD”

mak jleb jleb karena saat itu saya sudah menempuh kuliah 5,5 tahun (T_T)

maka dengan tekat bulat lebih bulat dari sebelum sebelumnya, saya mengatakan saya akan lulus Mei 2011. dan mulai membayangkan tulisan SKRIPSI dicetak tegak huruf kapital dan Bold melayang-layang 5 cm didepan kening saya yang akan selalu mengingatkan saya untuk menyelesaikannya.

setelah itu saya menghadap Madam A. Wida lagi dengan perasaan bersalah. alhasil saya dimarahin (lagi) karena saya yang sering nongol trus ngilang trus nongol lagi trus ngilang lagi. beliau pun mengultimatum saya kalau minggu berikutnya saya tidak mengumpulkan draft proposal yag sudah ada perbaikannya (plus 1 minggu sekali wajib berteu beliau) maka saya tidak bisa melanjutkan pegerjaan karena beliau tidak mau menjadi dosen pembimbing saya lagi….
Shock berat abis ultimatum itu..

namun kembali saya teringat akan tulisan SKRIPSI imajiner saya yang melayang-layang di depan kening saya. maka kembali mengumpulkan semangat dan tiap hari nongkrong di perpus untuk merevisi draft proposal. alhasil Januari akhir saya mendapat ACC untuk ujian Proposal. Alhamdulillah

Seminar Proposal

yup yup… pada seminar proposal saya dibantai habis-habisan oleh dosen penguji, mulai dari pendahuluan sampai metode penelitian tak ada yang luput dari revisi. >.<

dan akhirnya saya mengganti hampir semua semua proposal saya, dari 40 halaman cuma sisa 2 halaman yang bisa dipakai untuk proposal revisi. bagaimana tidak? lha wong ganti rumusan masalah, yang otomatis juga ganti judul, ganti semua… hohoho

rumusan masalah yang semula tentang mengapa masyarakat lebih memilih kendaraan pribadi dibanding bis kota, diganti menjadi “buy the service sebagai reformasi sistem angkutan umum kota di Yogyakarta”

nah lo…

namun saya tak putus semangat… karena memang saya pernah mentarget 3 bulan selesai maka bulan februari hrus sudah ke lapangan untuk penelitian.

konsultasi demi konsultasi dijalani, perpus demi perpus dikunjungi untuk merevisi proposal sehingga layak mendapat acc penelitian ke lapangan. dan sayangnya tidak sesuai target akhir maret baru mendapat ACC untuk kelapangan

April 2011

tanggal 1 april baru bisa mulai ke lapangan karena surat ijin dari kantor gurbernur mengijinkannya mulai tanggal itu.

dan penelitian pun dilakukan. penelitian dilakukan dengan metode wawancara (lebih ke penelitian diskriptif kualitatif). dan saya mengunjungi 3 organisasi yaitu Dinas Perhubungan Provinsi, PT. Jogja Tugu Trans, dan DPRD Provinsi.

alhamdulillah penelitian berjalan lancar, para narasumber ramah dan bisa memberikan pernyataan-pernyataan. penelitian lapangan berakhir pada akhir mei. maka dari itu jelas target awal untuk lulus Mei 2011 tidak tercapai. lalu menetapkan target selanjutnya untuk lulus Agustus 2011.

Amazing Juni-Juli 2011

ini bulan bisa dikatakan keberuntungan. doa saya menjadi nyata. syukur alhamdulillah. setelah mengajukan draft skripsi beberapa kali ke Madam dan revisi beberapa kali masih belum tembus untuk ACC pendadaran. pada pertengahan Juni melihat pengumuman di jurusan bahwa untuk wisuda Agustus mahasiswa harus sudah mendaftar ujian pendadaran pada tanggal paling lambat 30 Juni.

alangkah nikmat yag diberikan Allah. saya mendapat ACC pendadaran tanggal 29 Juni dan terdaftar untuk pendadaran di jurusan tanggal 30 untuk pelaksanaan  tanggal 5 Juli. alhamdulillah

Saat pendadaran pun saya entah kenapa tidak se grogi sewaktu seminar proposal dulu. semua berjalan lancar. dan memang perlu revisi beberapa namun tidak banyak. hanya menyangkut isi dan kesimpulan saran saja.

selesai pendadaran rasanya lega… namun masi diliputi kecemasan baru. karena syarat untuk bisa wisuda Agustus, revisi skripsi harus sudah di ACC sebelum tanggal 20 Juli. padahal sudah tanggal 5. maka hanya ada waktu 2 minggu untuk menyelesaikan Revisi. lebih-lebih Dosen penguji yang satu pergi ke hongkong 1 mingu dan yang satunya lagi cuti 10 hari untuk persiapan pernikahan.

nah kejar-kejaran dah sama waktu. dengan berbagai upaya, sampai-sampai revisi Via Email. akhirnya  ACC berhasil didapatkan sebelum tangal 20 Juli 2011

Alhamdulillah SKRIPSI saya sekarang sudah benar-benar selesai

Sekian

nah sekian sepenggal cerita tadi, semoga bisa menjadi penyemangay bagi yang belum selesai Skripsinya

Saran Saya untuk yang sedang mengerjakan skripsi adalah:

1. Tetapkan target

2. Fokus

3. hilangkan pengganggu

4. 1 minggu sekali konsultasi dengan dosen

5. cari teman Sharing, karena memang butuh teman untuk saling mendukung.

6. jangan lupa berdoa

akhir kata terima kasih.

Leave a Reply

