apa yang kamu berikan?


Siang ini pas keluar kantor buat outsource, di perempatan Mirota kampus terlihat sebuah fenomena yang cukup menggelitik pikir.Yaitu terlihat beberapa nenek-nenek berjajar di pembatas tengah jalan. mereka mengemis disana mengetuk-ketuk jendela mobil yang berhenti di lampu merah mengemis rejeki. Bukan cuma itu, namun yang aneh adalah mereka membuat saya berpikir kalau mereka terorganisir, Mengapa? ya karena gaya mereka sama mulai dari baju kebaya dengan kain jarik + kerudung dan membawa tongkat. walaupun motif dan warna kebayanya beda. But itu saja sudah cukup menarik perhatian dan menimbulkan banyak pertanyaan.

Apakah mereka terorganisir?

apa alasan mereka mengemis?

siapa yang merorganisir jika memang terorganisir?

dimana rumah mereka?

apakah itu profesi?

atau karena memang keadaan?

berapa pendapatan mereka sehari?

untuk apa saja pendapatan mereka?

dimana anak-anak mereka? kok ya tega membiarkan ibu-ibunya ngemis dijalan?

dan pertanyaan demi pertanyaan pun bergulir hingga macet pun terabaikan, tahu-tahu dah di depan. AAHH aku terlalu banyak berpikir, apa sih yang bisa aku berikan saat ini? sebelum aku mau mengambil uang dari saku dan memberi sedekah, nenek-nenek itu justru tidak mendatangi aku dan “DIIIIINNNN” klakson dari belakang berbunyi karena lampu sudah hijau, aku pun lanjut perjalanan balik kantor.

 

nah merefleksi dari kejadian siang ini, bukan dari segi memberi kepada pengemis nya yang aku ambil hikmah, bukan pula dari segi sosial hingga para pengemis itu muncul, bukan pula dari segi organisasi atau apalah… namun dari segi “sudah kah kita memberi sesuatu untuk orang Tua kita, Meringankan beban mereka, sehingga jangan sampai mereka berakhir seperti yang aku lihat tadi?” Naudzubillahi mindzalik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s